Saya masih ingat , ketika Gunung sinabung masih bersahabat. Persahabatan itu begitu indah, mulai dari hasil alam yang melimpah sampai ke indahnya panorama pemandangan .

Kisah persahabatan ini, masih saya kenang. Tentu saja Sinabung adalah kebanggaan Putra/i Karo.

Namun persahabatan ini tampaknya mulai ada pertengkaran kecil, Ya dulu kami anggap pertengkaran biasa. Tapi, ternyata sampai hari ini pertengkaran ini tidak kunjung berakhir.

Banyak doa sudah dipanjatkan, banyak cara sudah dilakukan, tetapi belum juga memberikan kedamaian....

Setidaknya sejak mulai bangun pada tahun 2010, Gunung sinabung sudah mulai memberikan ancaman pada tahun 2013. dan sampai sekarang tak kunjung berhenti....

Tidak berhenti sampai disitu, Produksi buah dan sayuran karo mengalami penurunan (data menurut Pelaksana tugas Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumut Tohar Suhartono). selain dampak hasil pertanian, sektor pariwisata karo juga mengalami penurunan drastis, padahal 2 sektor penyangga ekonomi karo adalah pertanian dan pariwisata.

Kemunduran ekonomi ini dapat menimbulkan masalah baru yang lebih komplikasi. Kenapa tidak? dengan rendahnya pendapatan masyarakat, secara tidak langsung akan menurunkan minat dan keinginan Putra/i karo untuk belajar ke tingkatan yang lebih tinggi, sebut saja ke perguruan tinggi. Karena secara umum, biaya belajar di perguruan tinggi tidaklah murah.

Dengan begitu banyaknya air mata yang telah tumpah di Tanah Karo, janganlah kiranya semangat belajar Pemuda Karo ikut tenggelam. Semangat itu harus tetap membara, karena bagaimanapun juga Hidup harus tetap berlanjut.

Biaya memang salah satu variabel pendukung untuk belajar di perguruan tinggi, tapi bukan satu satunya penentu layak atau tidak belajar di perguruan tinggi. Ketersediaan beasiswa studilanjut mampu menjawab duka ekonomi ini. Teman teman Pemuda/i Karo, SETIDAKNYA SAMPAI saat ini Beasiswa Taiwan masih mampu menjawab duka ekonomi kita.

JADI, Tentu saja kita masih punya peluang......

MARI BANGKIT, KITA BANGUN INDONESIA DARI BUMI TURANG....

Salam hangat dari, Kaohsiung Taiwan.......