Jepang adalah salah satu negara didunia yang paling sering terkena bencana alam. Mulai dari gempa bumi sampai tsunami, sudah dirasakan negara ini. Terlepas dari rawannya terkena bencana alam, Jepang adalah salah satu negara yang paling baik dalam menangani Bencana .

Kenapa tidak? walaupun Jepang negara rawan bencana, tapi jepang adalah salah satu negara paling maju di Asia (data menurut IMF TAHUN 2015 "Advanced Economies").

Lalu apa rahasia suksesnya?

RAHASIANYA ADALAH "Shippaigaku"

Istilah Shippaigaku pertama kali diperkenalkan oleh Takashi Tachibana ,seorang kolumnis Jepang. Shippai berarti gagal dan gaku berarti ilmu. Dengan kata lain shippaigaku berarti ilmu yang mempelajari tentang kegagalan....

Lalu apa hubunganya dengan Bencana?

Secara geografis, jepang terletak pada 4 lempeng tektonik sekaligus, Sehingga menempatkan jepang sebagai negara yang rawan gempa. Dengan Ilmu shippaigaku, Jepang selalu berhasil bangkit kembali, dan muncul dengan kekuatan yang lebih besar.

Salah satu kunci keberhasilan Jepang adalah, sikap sadar diri antara pemerintah dan masyarakatnya, sehingga proses kebangkitan cepat terealisasi.

Berkaca dari pengalaman Jepang, Penanganan bencana di Indonesia terutama di karo sangat memprihatinkan. Sejak 2013 lalu hingga sekarang, penanganan bencana Sinabung tidak juga kunjung usai.

Derita demi derita sepertinya tidak kita rasakan bersama, sehingga semua berlarut larut, ternanti nanti.....

Kerjasama pemerintah dan masyarakat adalah satu satunya solusi. Mari kita lupakan sejenak kepentingan pribadi, karena jika ini terus TERLARUT LARUT, ancamanya adalah masa depan yang CARUT MARUT...

BANGKITLAH TANAH KARO,.....

Salam Duka dari Kaohsiung Taiwan....