Pendidikan adalah salah satu cara untuk merubah nasib. nasib yang bagaimana? tentunya nasib yang lebih baik. Namun, untuk memperoleh pendidikan, terkhusus untuk pendidikan S1, S2 dan S3 tidaklah murah. Apalagi anda ingin memperoleh pendidikan di Luar Negeri. Masalah ini menyebabkan terbatas sekali peluang belajar bagi masyarakat yang berekonomi rendah. Oleh sebab itu, beberapa Institusi Pendidikan menyalurkan beasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu.

Taiwan adalah salah satu negara yang menyalurkan beasiswa  Studi Lanjut S1, S2 dan S3. Beasiswa ini di bagi dalam 2 kategori, yaitu Beasiswa dari Pemerintah Taiwan, dan Beasiswa dari Universitas di Taiwan. Beasiswa ini kemudian ditawarkan bagi mahasiswa diluar Taiwan, terkhusus mahasiswa dari Asia. Jenis nya sangat beragam dan semua tergantung kepada kualifikasi pendaftar seperti skor TOEFL, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif dan Study Plan.

Lalu bagaimana trik sukses agar lulus Beasiswa Taiwan? Trik nya sangat sederhana, cukup Capai skor TOEFL yang tinggi , buat Study Plan yang bagus, dan Usahakan IPK anda tinggi. apa???? Itu sih sulit, bukan gampang !!!!! Hehehehehe,

Sebenarnya tidak mesti sesempurna itu, artinya anda harus punya kelebihan, sehingga punya nilai jual dibanding pendaftar yang lainnya. Sebagai contoh, jika Bahasa inggris anda Pas pas an, buatlah Studi Plan yang mampu meyakin kan panitia seleksinya. tunjukkan kalau anda punya semangat belajar yang tinggi dan tipe orang yang pantang menyerah. Sehingga anda sangat layak untuk dipertimbangkan lulus program Beasiswa.


Lalu bagaimana jika saya punya IPK rendah, skor TOEFL rendah,  juga tidak pandai menulis Study Plan? Masih bisa lulus ga ya? Tentu masih bisa, caranya gimana? Anda ikut les bahasa mandarin di Indonesia, Kemudian ketika mendaftar, lampirkan sertifikat les mandarin anda, tentu anda punya nilai jual lebih. HEHEHEEHEHE 

Lalu bagaimana jika saya juga tidak punya serifikat bahasa mandarin? apa masih mungkin lulus program beasiswa di Taiwan? Aduhhhhh itu juga ga punya ya?

Okelah, anda juga tetap masih punya kesempatan untuk lulus, caranya gimana? Lampirkan piagam penghargaan yang pernah anda dapatkan. mulai dari piagam penghargaan lomba makan kerupuk, sampai piagam penghargaan lomba panjat pinang juga boleh hehehehe tapi ingat, piagam penghargaan itu harus anda terjemahkan ke bahasa inggris. Piagam penghargaan ini adalah salah satu bukti bahwa anda orang yang bersemangat, energik dan punya jiwa kompetisi yang baik. Sehingga mungkin bisa dijadikan sala satu pertimbangan.

APA???? itu juga tidak punya?????? Wahhhhhh, sungguh keterlaluan......

Yaelah, okelah, masih ada peluang terakhir, Jika piagam penghargaan juga tidak punya, anda punya peluang terakhir. Tetapi peluang ini sangat kecil kemungkinannya bisa dipertimbangkan. Caranya ialah dengan melampirkan sertifikat seminar/pelatihan yang pernah anda ikuti. Tapi ingat, sertifikat seminar/pelatihan itu, harus anda terjemahkan kedalam bahasa inggris, dan pihak penerjemah harus yang berlisensi nasional, sebagai contoh, terjemahkan di Universitas yang punya jurusan Bahasa Ingrris yang terakreditasi.

Selain dari Trik diatas, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah surat rekomendasi dari dosen. Mintalah rekomendasi kepada dosen yang sudah punya gelar akademik tinggi, contoh mintalah rekomendasi terhadap dosen yang sudah mendapatkan gelar Profesor, kalau tdiak ada, yang bergelar Dr atau Ph.D juga boleh. Sehingga rekomendasi yang diberikan lebih dipercaya dan di hargai.  

Contoh Surat Rekomendasi klik disini

Terkhusus untuk Beasiswa Taiwan, saya hanya menulis Tips dan Trik untuk program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas di Taiwan . Berikut panduan lengkap cara mendaftar Beasiswa Taiwan (Klik Program Beasiswa yang anda inginkan) :


PANDUAN LENGKAP BEASISWA NKFUST

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTUST

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NDHU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NSYSU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NCCU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTHU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTOU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NCU


Jika teman teman punya pertanyaan terkait cara pendaftaran Beasiswa Taiwan, boleh tinggalkan komentar atau hubungi admin di :

Facebook : Genesis Sembiring
Line : genesissembiring
email : genesis_sembiring@yahoo.com