Beasiswa, beasiswa, lagi lagi beasiswa, mungkin itulah di benak teman teman ketika menemukan artikel ini.:D :D :D :D HEHEHEHEH Namun, karena mengingat nilai pendidikan itu sangat berharga, saya selalu menepis rasa bosan, untuk kembali menuliskan informasi tentang beasiswa Studi Lanjut Taiwan.  Sebenarnya saya sudah membahas persyaratan beasiswa Taiwan di beberapa panduan beasiswa yang sudah saya tulis, Namun kali ini saya akan membahasnya satu persatu, secara rinci.

1. Study Plan
Study Plan adalah cerita/karangan tentang biografi anda, Motivasi dan rencana study yang anda tuliskan dalam rangka Studi Lanjut ke universitas Tujuan. Study Plan biasanya ditulis dalam rangka melihat prestasi, motivasi dan semangat calon mahasiswa. Oleh sebab itu, banyak kegagalan disebabkan oleh kurang menariknya Study Plan yang ditulis.

Selain terstruktur dengan baik, Study Plan juga sebaiknya berisi hal hal menarik dalam pribadi calon mahasiswa, seperti kelebihan dan ciri khas tertentu yang secara tidak langsung menyatakan anda berbakat.  Lalu bagaimana jika sama sekali tidak punya prestasi yang membanggakan? Jika anda sama sekali tidak punya prestasi, cobalah tuliskan dalam study plan anda, tentang semangat, dan kerja keras anda, sehingga anda tetap punya nilai lebih.

Lalu apa yang terpenting dalam Study Plan? Yang terpenting adalah bagaimana anda menuliskan rencana belajar anda, setelah anda berkuliah di tempat tujuan. Sebagai contoh, jika anda akan berkuliah di jurusan Bisnis, maka tulislah rencana belajar anda tentang maksud dan tujuan anda belajar bisnis dan akan focus disalah satu bidang bisnis seperti menjadi seorang Enterpreneur.

Ingat, rencana belajar anda haruslah rencana belajar yang logis, jangan sampai terlihat asal asalan dan berlebihan, apalagi terkesan lebay. :D

Satu hal yang tidak kalah penting dalam menulis Study Plan adalah, dengan memperhatikan tata bahasa. Jika anda kurang menegrti dengan aturan tata bahasa, silahkan minta bimbingan kepada senior atau teman yang berkuliah dijurusan bahasa inggris. Mengapa tata bahasa penting? Karena, jika anda diterima, maka anda akan belajar dengan bahasa pengantar bahasa inggris, tentu akan kurang baik jika anda menggunakan tata bahasa yang tidak tepat. 

Baca juga : Contoh Study Plan

2. TOEFL
Syarat kedua, yang tidak kalah penting adalah Sertifikat TOEFL. Apa itu TOEFL? TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Nah, TOEFL ini akan menggambarkan kemampuan bahasa inggris yang anda miliki. Jadi, sebelum mencoba beasiswa study lanjut luar negeri, anda harus belajar TOEFL terlebih dahulu.

Untuk beasiswa Taiwan, TOEFL PBT (Paper Based Test) masih dapat digunakan, berbeda dengan Beasiswa ke Eropa dan USA, mayoritas sudah mempersyaratkan IELTS atau TOEFL IBT (Internet Base Test).

Nah, jadi persyaratan Beasiswa Taiwan, tidaklah terlalu rumit, jika dibanding dengan Negara maju lainnya.

 
3. Translate Ijazah dan Transkip Nilai
Untuk Translate Ijazah dan Transkip Nilai, harus anda terjemahkan di Universitas yang mengeluarkan Ijazah dan Transkip nilai anda. Jadi, tidak bisa diterjemahkan sendiri atau diterjemahkan lembaga lain.

Contoh Translate ijazah :




Contoh Translate Transkip Nilai :


 
4. Surat Rekomendasi
Secara umum, untuk mendaftar beasiswa luar negeri, dibutuhkan paling sedikit 2 rekomendasi dari dosen. Rekomendasi ini biasanya dibuat sendiri oleh anda, kemudian minta tanda tangan dosen yang bersangkutan. Mengapa demikian? Karena biasanya dosen tidak punya waktu untuk membuat surat rekomendasi untuk mahasiswanya, oleh sebab itu, anda harus berinisiatif membuat sendiri. Pilihlah dosen yang mempunyai gelar akademik yang tinggi seperti, Prof, Ph.D atau Dr.Karena biasanya, dengan gelar akademik yang tinggi, rekomendasinya lebih dipercaya.

Lalu bagaimana kalau sudah bekerja? Kalau anda sudah berkerja, anda boleh meminta surat rekomendasi kepada atasan anda . Tapi, kalau terlalu sulit, kembali kekampus untuk meminta rekomendasi, mungkin lebih gampang.


5. Formulir Pendaftaran Dan Surat Pernyataan
Secara umum, formulir pendaftaran dan surat pernyataan sudah disediakan di web pendaftaran beasiswa itu sendiri. Terkhusus Untuk Beasiswa Taiwan, formulir pendaftaran dan surat pernyataan bias anda dapatkan di modul pengumuman pendaftaran beasiswa. Biasanya terletak dihalaman belakang.

6. Pasport
Beberapa Universitas di Taiwan, mempersyaratkan passport dalam proses pendaftaran. Tetapi ada juga yang boleh diganti menjadi Fotocopy KTP. Walaupun demikian, saya menyarankan agar segera mengurus pembuatan passport, karena passport akan anda gunakan, tidak hanya untuk melamar beasiswa keluar negeri saja, tapi untuk urusan perjalanan liburan dan berobat  keluar negeri juga sangat dibutuhkan.

7. Piagam Penghargaan (Persyaratan dukungan)
Mengapa Saya katakan persyaratan dukungan? Karena tidak semua universitas di luar negeri mempersyaratkan piagam penghargaan. Namun, untuk memperkuat nilai tawar anda dalam memenangkan persaingan meraih beasiswa study lanjut luar negeri, anda tentu harus punya nilai lebih. Nah, nilai lebih anda terletak di piagam penghargaan yang anda sertakan dalam berkas Beasiswa anda.

Piagam pengargaan anda, juga harus di translate ke dalam bahasa inggris. Ingat, pihak penerjemah harus dari Universitas asal anda. Jadi, tidak boleh diterjemahkan secara pribadi.