Dulu, salah satu Dosen terbaik yang pernah saya kenal, pernah bertanya kepada saya tentang sebuah pulpen yang panjangnya satu meter. Apa yang kau pikirkan jika ada pulpen yang panjangnya satu meter??? itulah pertanyaan yang diberikannya ....

Lalu saya berpikir sejenak, dan akhirmnya menjawab.

kalau pulpen panjangnya satu meter, pasti sulit menggunakannya Pak (inilah jawaban saya)

Maka Dosen saya itu memberi penjelasan...
berikut penjelasan Dosen itu :

Benar, sebagian besar mahasiswa yang saya tanya, jawabannya hampir mirip dengan jawabanmu. Dari jawaban kalian, terlihat bawa, kalian melihat suatu peristiwa dari sisi negatifnya terlebih dahulu. mengapa jawabanmu tidak dari sisi positifnya, misalnya : kalau ada pulpen panjangnya satu meter, bagus dong, pasti tintanya lama habis.

Ini artinya, ketika kita melihat suatu kejadian , pikiran kita langsung mengarah ke sisi negatifnya. kita langsung menyimpulkan makna negatif dari kejadian itu. Dan ini lah sebenarnya sumber ketakutan ,manusia dalam hidup yaitu pemaknaan negatif yang terlalu berlebihan.

Dalam konteks kehidupan, kita begitu cepat menangkap makna negatif dari pernyataan saudara kita, kita juga begitu cepat memberi kritik terhadap pekerjaan orang lain, lebih jauh lagi , kita menaruh curiga terhadap usaha dan tindakan saudara kita.

Begitu mudahnya kita menyimpulkan makna perbuatan saudara kita, sampai akhirnya secara tidak sadar kita sudah menghakimi, padahal kita masih memaknai, itu masih curiga, belum FAKTA....
Ini semua penyakit pikiran yang terlanjur NEGATIF.....

Bahkan menurut ahli medis, 80% penyakit manusia berawal dari pikiran yang tidak bisa dikontrol. Itu artinya anda sakit, sebagian besar dikarekan pikiran anda bukan dari virus atau yang lainnya. Begitu pentingnya managemen pikiran yang benar dalam hidup.

Akhirnya, jika anda ingin sehat, mulai lah berpikir positif. karena dalam hidup, tidak semua bisa di hitung dengan rumus matematika, juga tidak semua bisa dianalisa dengan logika.

Tuhan telah mengatur semua sedemikian rupa, supaya semua berlaku sedang sedang saja. Tidak berlebihan, dan semuanya penuh misteri.

Lakukanlah bagian kita, dan biarkan Tuhan melakukan bagiannya, dan berpikirlah positif....

MEJUAH JUAH
SALAM ATE TEDEH,

KAOHSIUNG TAIWAN,....