Dilihat dari Jumlah penduduknya lebih kurang 250 juta jiwa , penduduk Indonesia merupakan yang keempat terbesar didunia, setelah Cina, India, dan Amerika.

Indonesia Memiliki 13.466 pulau, 1.340 suku bangsa ( data menurut sensus BPS tahun 2010), juga memiliki 6 agama resmi yang diakui yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

pun dari Kharateristik lain, keberagaman Bangsa Indonesia tentu tidak bisa diragukan lagi. artinya, dalam segala aspek kehidupan, kita punya kharateristik tersendiri yang disatukan dalam paham Bhineka Tunggal Ika.

Makna Bhinneka Tunggal Ika adalah, Bangsa Indonesia bukanlah suku jawa saja, juga bukan suku Melayu saja. Kita adalah Indonesia, bukan suku , juga bukan Agama.

Melihat keberagaman yang sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia, maka Bangsa ini juga punya potensi konflik yang sangat tinggi.

Jadi, satu satunya cara kita untuk tetap hidup damai, adalah dengan tidak termakan isu satu dengan yang lain, ditengah pemberitaan politis yang kerap merusak arti kebersamaan.

Lebih jauh lagi, ingatlah bahwa pada dasarnya agama diciptakan untuk mengurangi kekacauan, jadi jangan sampai agama menjadi sumber kekacauan hidup dalam keberagaman.

Juga, pada dasarnya agama juga tidak mengizinkan tindak kekerasan, hanya saja pemaknaan kitalah yang kerap menuai perbedaan.

Teman teman, bukankah sejarah bercerita tentang bagaimana hancurnya kerajaan di nusantara akibat adu domba pihak asing?

Ya benar, sampai sekarang negeri kita masih menjadi Primadona dunia, jadi wajar saja jika, masih ada saja yang berusaha menyulut api konflik diantara kita.

Aku, Kamu, kita semua, jangan ada yang mau di adu domba....

:D :D :D