Jujur saja,sebagai seorang alumni, saya kecewa dengan sistem penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Mengapa? kalau saja sistem UKT diterapkan pada tahun 2011 ketika saya masuk kuliah, saya tidak akan pernah dapat menikmati kuliah di Universitas terbaik di sumatera utara ini.

Terus terang saja, saya berasal dari keluarga yang terbilang cukup sederhana, ibu bapak hanyalah petani biasa, dan saya juga bukanlah tipe siswa yang pintar. sepulang sekolah saya harus bekerja keladang membantu orang tua, dan di malam harinya saya tidak sanggup lagi belajar, saya ngantuk berat.

Jadi bisa dibilang, ketika tamat SMA ,dalam hal akademik , saya bukanlah yang terbaik. namun, dengan sistem penyaringan tahun 2011, saya masih bisa lulus dengan uang kuliah yg terjangkau, walaupun mungkin rangking terakhir... heehehhee setidaknya dulu tidak ada pengaruh pendapatan orangtua dengan uang kuliah dan kelulusan saya.

Saya juga masih kurang paham, mengapa pemerintah dan pemangku kebijakan melakukan perubahan dalam hal penerimaan dan penentuan uang kuliah bagi mahasiswa baru, tapi yang pasti saya tetap kurang setuju jika peendapatan orang tua menjadi salah satu variabel yang MEMPENGARUHI kelulusan dan keberlangsungan kuliah mahasiswa baru, ya wajar saja, saya paham betul bagaimana sulit hidup anak seoarang petani biasa.

Saya baca dari salah satu media, bahwa mahasiswa yang memiliki pendapatan orangtua diatas 5 juta, dialokasikan kepada mahasiswa berjumlah 600 orang lebih. ini artinya, peluang keluarga yang punya penghasilan tinggi, lebih besar dibanding keluarga yang punya pengahsilan dibawah 1 juta .

Sebagai seorang alumni, saya sangat berharap kiranya sistem ini dapat dievaluasi kembali. saya juga bukan tidak punya kerjaan membahas masalah ini, tapi saya teringat keadaan saya 4 tahun yang lalu. Seorang anak petani, tidak terlalu baik dalam akademik, dan sangat ingin berkuliah di Universitas terbaik.

Saya tidak akan pernah , menjadi seperti yang sekarang, jika tidak masuk ke Universitas terbaik di sumatera utara sekarang....

Salam Rindu almamater kebanggaan !!!!!!!

Kaohsiung, Taiwan.....