Untuk mendaftar program Beasiswa Taiwan, tentu banyak hal yang harus anda pertimbangkan. Karena, bagaimanapun juga, kuliah di luar negeri tidaklah sama dengan kuliah di dalam negeri, jadi anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang.

Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan , sebelum mendaftar program Beasiswa Taiwan, kami rangkum dalam beberapa poin sebagai berikut :

1. Pastikan Tekad
Mengapa saya mengatakan anda perlu memastikan tekad kembali? Karena dalam menentukan langkah hidup berikutnya, anda harus benar benar yakin dengan apa yang akan anda lakukan. Cara memastikan tekad anda, boleh anda lakukan dengan kembali berdiskusi dengan orang tua dan keluarga, mintalah pendapat mereka. Namun, jangan juga mudah terpengaruh, karena ketakutan ketakutan negative kerap juga menjadi penghambat dalam melanjutkan studi di luar negeri.

Intinya, anda harus realistis dengan cita cita anda. Karena sesungguhnya, tinggal di luar negeri, jauh dari orang tua dan keluarga, tidaklah segampang yang anda perkirakan. Jadi tidak ada salahnya, tinjau kembali tekad anda, dan pastikanlah tekad dan cita cita anda.

2. Cari Tau Informasi Detil Universitas Yang Anda Tuju
Melanjutkan study di luar negeri, tidaklah sama dengan membeli kucing dalam karung, ini artinya anda harus benar benar kerja keras untuk mencari informasi sedetil mungkin. Jangan pula hanya menerka, atau mendengar kabar burung yang tidak nyata kebenarannya. Bertanyalah kepada senior atau teman yang punya pengalaman sebelumnya, dan pertimbangkan lagi dengan minat anda.
3. Perhatikan Bahasa Pengantar Jurusan Yang Anda Pilih
Sebagai informasi, tidak semua jurusan di universitas Taiwan menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu banyak juga jurusan yang menggunakan bahasa pengantar bahasa mandarin (China Tradisional). Jadi, kamu harus hati hati dalam memilih jurusan, pilihlah program/jurusan yang menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. Namun, jika kamu mampu berbahasa mandarin dengan baik, tentu kamu bebas memilih jurusan apa saja.

Walaupun demikian, ada juga bebrapa putra/i Indonesia yang mampu kuliah dalam bahasa mandarin, meskipun awalnya mereka sama sekali tidak mengerti bahasa mandarin. Jadi, falsafah dimana ada niat, disitu ada jalan, masih berlaku lo guys....

4. Perhatikan Mekanisme Beasiswa Yang Ditawarkan
Program Beasiswa Universitas di Taiwan, tidaklah semua sama. Setiap universitas memiliki aturan atau program yang berbeda beda. Sebagai contoh, di kampus saya yaitu National Kaohsiung First University of Science and Technology , menawarkan program Beasiswa free uang kuliah dan biaya hidup bulanan. Namun, biaya hidup bulanan hanya bisa di daftar pada semester 2, jadi pada semester 1 , Beasiswa yang diberikan hanya bebas uang kuliah dan uang sks.


Namun, beberapa universitas sudah memebrikan Beasiswa biaya hidup di semester awal, oleh sebab itu, kamu harus lebih giat ya guys mencari informasi....

5. Perhatikan Kota Tujuan (Tempat Universitas Tujuan)
Jika kamu pengen kuliah sambil kerja, saya saranin pilih universitas yanga da di kota Taipei dan Kaohsiung. Mengapa? Karena kedua kota ini adala kota besar di Taiwan. Jadi, untuk mencari pekerjaan di kota ini, tidaklah terlalu sulit, meskipun kamu tidak bisa bahasa mandarin.

Tidak hanya masalah pekerjaan, transportasi yang lancar juga adalah salah satu pertimbangan. Kedua kota ini memiliki system transportasi yang sangat baik. Mulai dari Bus, MRT, dan kereta api sudah tersedia . jadi, jika kamu ingin travel, kedua kota ini adalah tujuan terbaik di Taiwan.

6. Perhatikan Kembali Berkas Anda ( Persyaratan Pendaftaran)
Yup, jangan sampai ada yang ketinggalan ya guys. Karena jika salah satu berkas tidak lengkap, kamu terancam didiskualifikasi lo. Kemudian perhatikan juga berkas persyaratan yang diminta, bisaanya ada berkas persyaratan yang diminta dalam bentuk asli nya. Ini artinya, kamu tidak boleh mengirim fotocopian ya guys, oleh karena itu, pelajari kembali berkas pendaftaran kamu.


Oke, sampai disana dulu penjelasan Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendaftar Beasiswa Taiwan. Jika ada pertanyaan, boleh tinggalkan komentar atau hubungi admin di :
ID Line : genesissembiring
Facebook : Genesis Sembiring
BBM : 5CCC04AC