Menjadi seorang mahasiswa di Universitas Negeri, sudah selayaknya menjadi sebuah kebanggaan bagi setiap insan. Mengapa demikian? Karena untuk bisa berkuliah di Universitas Negeri di Indonesia, anda tentu harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa dari berbagai daerah. Oleh sebab itu, untuk dapat berkuliah di Universitas Negeri, tidaklah  mudah.

Kualitas pengajar/Dosen yang mumpuni, fasilitas kampus dan biaya kuliah murah adalah primadona kuliah di Universitas Negeri. Jadi tentu saja, Universitas Negeri di Indonesia tidak pernah sepi peminat.


Sebut saja Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas yang terletak di Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan ini, memiliki pengajar/ dosen yang berstandart nasional  dan internasional, terbukti dengan beberapa dosen lulusan luar Negeri,seperti Australia, Malaysia dll., sehingga menjadikan Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik di pulau sumatera.

Berikut admin merangkum beberapa alasan, mengapa Universitas Negeri Medan menjadi salah satu Universitas terbaik di Sumatera :


1. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 492.A/M/Kp/Viii/2015 Tentang Klasifikasi Dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Di Indonesia Tahun 2015, Universitas Negeri Medan meraih peringkat ke-29 seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan, bawa Universitas Negeri Medan berada dalam 30 Universitas terbaik di Indonesia menurut Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia .

2. Universitas Negeri Medan, menjadi Universitas terbaik di Sumatera dalam hal pengabdian masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknnya jumlah hibah pengabdian yang dimenangkan oleh dosen Unimed. Pengabdian ini terlampir dalam surat No. 0299/E3/201 tentang penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi 2016.


3. Tidak lama ini, Universitas Negeri Medan kembali meraih prestasi membanggakan di kancah internasional. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Solfeggio Choir Universitas Negeri Medan, menyabet medali emas (Juara 1) kategori female choir (paduan suara wanita) dan medali emas (Juara 1) kategori music of religion pada kompetisi 1st North Sumatera Internation Choir Competition (NSICC) Tahun 2016 di Open Stage Pemprovsu Parapat dan IT Del Laguboti, Balige. Tentu saja, hal ini menunjukkan bahwa Universitas Negeri Medan tidak hanya unggul dalam bidang akademik saja, namun juga unggul dalam bidang lainnya, seperti paduan suara mahasiswa.

4. Pada tanggal 25-31 juli 2016, Universitas Negeri Medan kembali menorehkan prestasi di kancah internasional, tepatnya di Rajamangala University of Technology Srivijaya, Thailand. Universitas Negeri Medan meraih predikat best performance bidang cultural activity pada IMT-GT Varsity Carnival. Tentu saja ini sebuah kebanggan tak ternilai bagi segenap keluarga besar Unimed.

5. Pada tingkat nasional, Universitas Negeri Medan kembali menorehkan prestasi gemilang . dengan meraih 2 medali emas dalam Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX 2016, di IPB Bogor yang digelar sejak 8-11 Agustus 2016. Dengan perolean 2emas, Universitas Negeri Medan meraih peringkat 10 besar dari total 145 perguruan tinggi yang mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX 2016. Lagi lagi, segenab keluarga besar Universitas Negeri Medan patut berbangga.


6. Dengan rentetan prestasi yang sudah diraih, Universitas Negeri Medan terus berbenah, terbukti dengan perjanjian jalinan kerja sama dengan Universitas terbaik di dalam maupun luar Negeri. Pada senin (23/5), Unimed jalin kerjasama dengan Southern Cross University Sidney, Australia, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan mutu lulusan sesuai tuntutan pasar kerja. Jadi, jika kamu alumni atau mahasiswa Universitas Negeri Medan pasti bangga dengan geliat kemajuan almamater tercinta saat ini.


Dari 6 poin keunggulan Universitas Negeri Medan diatas, sudah sewajarnya jika  Universitas Negeri Medan menjadi salah satu Universitas paling diminati di sumatera. Jadi, jika kamu adalah alumni atau mahasiswa Universitas Negeri Medan, berbanggalah dan jangan lupa untuk tetap menjaga nama baik Kampus kebanggaan....

Salam Rindu Almamater kebanggaan.....