Hampir semua universitas di Taiwan menyediakan program beasiswa. Program beasiswa ini ditawarkan dalam bentuk dan mekanisme yang berbeda pula di setiap universitas. Oleh sebab itu, ketika mendaftar program beasiswa Taiwan, kiranya teman teman mempelajari terlebih dahulu mekanisme Beasiswa yang diterapkan di universitas tujuan teman teman.

Sebagai contoh, salah satu universitas di kota Kaohsiung menyediakan program beasiswa yang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Universitas ini adalah National Kaohsiung First University Of Science And Technology,.


Universitas ini menyediakan beasiswa bebas uang kuliah dan biaya hidup. Namun, untuk semester awal, universitas ini tidak menyediakan beasiswa biaya hidup. Dan untuk beasiswa biaya hidup, kita bisa mendaftar pada semester 2. Inilah perbedaan program beasiswa yang saya sebutkan tadi.

Tentu saja, tidak semua universitas di Taiwan memiliki program yang sama, bahkan beberapa universitas di Taiwan, sudah memberikan beasiswa biaya hidup pada bulan ke-2 setelah tiba di Taiwan.

Jadi bagaimana jika beasiswa biaya hidup hanya bisa diperoleh pada semester 2?

Bagaimana dengan biaya hidup satu semester di Taiwan?

Jawabannya adalah dengan bekerja part time atau sering disebut dnegan kerja paruh waktu. Sebagai informasi untuk bekerja part time di kota Kaohsiung, anda akan memeproleh bayaran sekitar 120NTD/jam. Jika di ubah ke Rupiah, gaji bekerja satu jam berkisar Rp.40.000. lumayan bukan? Itulah sebabnya, hampir semua mahasiswa internasional di Taiwan mengerjakan pekerjaan part time meskipun mereka memperoleh beasiswa biaya hidup dari universitas.  

Jadi dengan bekerja 4 jam saja sehari, anda sudah memperoleh sekitar 480 NTD, ini artinya bekerja 4 jam sehari sudah cukup untuk biaya makan 3 hari. Karena, normalnya biaya makan sekali makan adalah 50NTD, jadi biaya makan satu hari berkisar 150 NTD.

Lalu bagaimana jika saya tidak bisa bahasa mandarin? Bisakah saya bekerja part time juga?

Jawabannya, tentu bisa‼!

Ketika pertama samapai di Kaohsiung, saya sama sekali tidak mengerti bahasa mandarin, namun saya tetap masih bisa berkerja part time. Pekerjaan part time yang bisa dilakukan meskipun kamu tidak bisa bahasa mandarin adalah sebagai pembersih dapur restoran, pencuci piring restoran, dan juga bekerja di lab kampus atau juga membersihkan ruangan kuliah kampus. Semua pekerjaan itu, tidak membutukan banyak berbicara, sehingga bisa dikerjakan oleh siapa saja yang tidak bisa berbahasa mandarin.

Jadi, kegiatan sehari hari saya pada masa itu adalah bekerja part time dan kuliah pada pagi hari.
Kamu juga akan mendapat banyak manfaat dari bekerja part time, seperti berlatih berbicara dalam bahasa mandarin. So, you can enjoy your study dan got a little money.....

Bagaimana teman teman, sudah paham dong? Ehehehehehe namun, saran saya, sebaiknya memilih universitas yang ada di kota Taipei atau Kaohsiung. Mengapa? Karena kedua kota ini adalah kota besar di Taiwan, sehingga peluang untuk bekerja part time sangat terbuka lebar.

Untuk cara mendaftar beasiswa Taiwan, berikut kami sediakan panduan lengkapnya :


PANDUAN LENGKAP BEASISWA NKFUST

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTUST

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NDHU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NSYSU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NCCU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTHU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NTOU

PANDUAN LENGKAP BEASISWA NCU



Jika ada yang teman teman kurang pahami, silahkan tinggalkan komentar atau hubungi admin di :
ID Line : genesissembiring
Facebook : Genesis Sembiring
BBM : D1DD452B