Fokus belajar adalah rutinitas mahasiswa penerima beasiswa Taiwan, namun memiliki pekerjaan sampingan juga bukanlah hal yang buruk yang bisa dilakukan pelajar internasional di Taiwan. Itung itung untuk menambah pengalaman dan menabah uang saku, setidaknya itulah alasan mereka mempunyai pekerjaan paruh waktu ditengah kegiatan belajarnya di Taiwan.
Namun, managemen waktu tentu menjadi persyaratan utama sebelum memiliki pekerjaan paruh waktu (part time) . mengapa? Karena tanpa pengelolaan waktu yang baik, kuliahmu tentu bisa berantakan guys, jadi pengelolaan waktu yang benar adalah salah satu perilaku yang harus dipelajari dan selanjutnya dibiasakan.
Berikut admin merangkum beberapa pekerjaan paruh waktu yang paling sering dikerjakan mahasiswa international di Taiwan :

1. Staff Pencuci Peralatan makan dan masak di Hotel
Pekerjaan mencuci peralatan masak dan makan di Hotel
 Pekerjaan ini sudah sangat lumrah dikerjakan mahasiswa internasional di Taiwan. Selain jam kerja yang bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah, pekerjaan ini juga termasuk dalam pekerjaan yang tidak mempersyaratkan mampu berbahasa mandarin. Jadi, semua kalangan bisa bekerja disini guys, syaratnya kamu harus mempunyai sertifikat izin bekerja (work permit) dan ARC (KTP Taiwan).

Dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit, bekerja sebagai staff kebersihan menjadi pilihan paling ideal bagi setiap mahasiswa internasional yang belajar di Taiwan, itung itung sebagai nambah pengalaman dan uang saku saja guys.
2. Assisten Profesor

Dengan rutinitas yang padat, sering sekali seorang professor di Taiwan, membutuhkan bantuan seorang mahasiswa . baik itu sebagai assisten Lab dan juga assisten penelitian. Oleh sebab itu, pekerjaan ini juga, sangat banyak dikerjakan mahasiswa internasional di Taiwan.

Selain uang yang akan kamu dapatkan, kamu juga nantinya tentu mendapat ilmu pengetahuan baru dari sang professor, jadi jangan pernah menolak pekerjaan ini ya guys. Persyaratan utamanya, kamu harus pribadi yang rajin menulis , membaca dan yang paling penting harus lancar dalam berbahasa inggris. Karena semua penelitian dan komunikasi dengan profesor tentu menggunakan bahasa inggris, meskipun ada juga yang berbahasa mandarin.

3. Penjaga Toko

Jika kamu ingin makan makanan Indonesia di Taiwan, kamu bisa menemukannya di toko toko berlebel Indonesia di Taiwan. Nah, tentunya penjaga toko Indonesia di Taiwan, dijaga oleh seorang yang mampu berbahasa Indonesia. Oleh sebab itu, menjadi penjaga toko Indonesia di Taiwan, adalah salah satu pilihan pekerjaan paruh waktu pagi pelajar Indonesia di Taiwan.

Namun, untuk menjadi penjaga toko, kamu harus mampu sedikit berbahasa mandarin ya guys, karena sering juga masyarakat Taiwan datang berbelanja. Jadi, kamu harus menggunakan bahasa mandarin dengan mereka.

4. Bekerja di Kantin Kampus

Untuk pekerjaan yang satu ini, kamu ditantang harus mampu meninggalkan gengsi. Karena, kamu akan bekerja dan disaksikan teman teman satu kampus kamu. Hehehee jadi tidak boleh pemalu ya guys.

Pekerjaan yang kamu lakukan adalah mencuci piring, mengantar makanan, sampai ke menjaga kebersihan lingkungan kantin. Nah, oleh sebab itu, berkerja dikantin kampus, juga adalah salah satu pilihan bagi kamu mahasiswa penerima beasiswa di Taiwan.
5. Staff Kebersihan Kampus

Beberapa universitas di Taiwan, menyediakan pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa Internasional. Secara umum pekerjaan paruh waktu ini adalah menjadi staff kebersihan di kampus. Seperti, membersihkan ruang kelas dan membersihkan kantor jurusan.

Sebagai contoh, di National Kaohsiung First Universiti of Sci and Tech (NKFUST), Universitas ini  memberi pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa internasional, untuk membersihkan ruangan kelas satu kali dalam seminggu. Jadi dibersikan 4 kali dalam sebulan, dan gaji yang diberikan sebesar NT$ 2.000/Bulan. jika di rupiahkan, sekitar Rp.800.000. Lumayan kan guys?
Itu dia, pekerjaan part time (paruh waktu) yang paling sering dikerjakan mahasiswa internasional di Taiwan. Jadi, uang sebenarnya bukan masalah lagi dalam berjuang menempuh pendidikan tinggi, intinya niat dan usahalah yang menjadi utama.

Selagi engkau masih muda, tentu masih kuat, selalu ada solusi jika siap berkerja keras....

SALAM ORANG MUDA ‼‼

Kaohsiung, Taiwan 11 Sept 2016