Seperti biasa, setiap hari senin saya punya mata kuliah yang harus saya hadiri. Mata kuliah ini adalah mata kuliah Qualitatif Research Method. Untuk mata kuliah, kita bebas memilih mata kuliah apa yang ingin kita ambil, jadi sistemnya sangat fleksibel.

Mengingat, Thesis saya akan focus ke penelitian Education Franchising, saya kemudian memilih mata kuliah ini, sebagai salah satu mata kuliah yang saya ambil semester ini. Jelas, saya sangat menikmati metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen.

System pembelajaran yang diterapkan , menurut saya sangat sederhana dan sangat cocok dengan cara belajar saya, hehehehe. Mengapa? Pengajar biasanya focus membangun komunikasi dnegan peserta didiknya, dan inilah yang membuat saya sedikit betah hehehehe.

Minggu lalu, dosen memberi kami tugas untuk membaca dan memahami setidaknya 3 jurnal, dan dari membaca jurnal itu, kami ditugaskan untuk mengambil bebrapa pharagraph (dari setiap jurnal) dan mencoba untuk mengkombinasikannya menjadi sebuah literature review untuk membuat jurnal yang baru atau thesis yang baru.

Dan, satu hari sebelum kelas dimulai, saya harus sudah mengirim hasil pekerjaan saya kepada dosen, meskipun terdengar sedikit sulit untuk memahami jurnal yang ditulis dalam bahasa inggris, seperti biasa kami tetap berhasil melakukanya. Setelah itu, pada saat di kelas, dosen akan memberi waktu kepada kami untuk mempresentasikan hasil belajar kami selama seminggu, dan disanalah saatnya dosen banyak memberi masukan dan penjelasan.

        Dengan cara belajar seperti ini, rasanya kami lebih mudah mengerti, dalam artian komunikasi yang 2 arah, memberikan kenyamanan dan sekaligus pengertian anatar mahasiswa dan dosen. Dosen mengerti sampai dimana pemahaman mahasiswanya, dan juga mahasiswa paham apa materi yang disampaikan dosen.

        Komunikasi 2 arah ini, tidak hanya dibangun melalui hubungan antara guru dan murid, tapi seringkali komunikasi dibangun, seperti komunikasi antar sahabat sebaya, sehingga tidak jarang gelak tawa mewarnai kegiatan kuliah, saya rasa inilah satu point yang membuat kami merasa nyaman, meskipun selalu dipenuhi dengan deretan tugas yang melelahkan.

        Dengan deretan tugas membaca jurnal yang terus dibebankan kepada kami setiap minggunya, tidak jarang mata kami kelihatan sayu dan sedikit kelelahan. Tapi dengan sigap, dosen biasanya memakluminya. Seperti kejadian minggu lalu, mayoritas mahasiswa dikelas tampak kelelahan mengerjakan tugas, dan dosen dengan santai menawarkan untuk minum kopi bersama di kelas, tentu saja kami setuju. Dan dosen meminta saya untuk turun ke lantai 1 dan membeli bebrapa cangkir kopi untuk diminum bersama, keadaan seperti ini tentu membangkitkan semangat baru bagi kami, Ya benar, dosen sangat peduli pada kami.

        Oh ia, saya kembali mengingatkan, bagi teman teman yang ingin bergabung dnegan kami di Program Beasiswa IMBA National Kaohsiung First University of Sci and Tech, Taiwan , pendaftaran untuk mahasiswa internasional sudah dibuka, dan akan berakhir pada akhir bulan November 2016. Berkas pendaftaran dikirim melalui Pos, dan untuk panduan lengkap cara mendaftar beasiswa IMBA NKFUST, boleh dibaca disini (Klik disini)

Sebagai tambahan, untuk mendaftar program Beasiswa S2 IMBA NKFUST, tidak dikenakan biaya apapun (gratis) dan jika teman teman punya pertanyaan, boleh langsung kirim email ke Staff kantor urusan internasional Ms Eva Chiu, berikut alamat emailnya : admissionnkfust@gmail.com

        Tadi pagi, sewaktu belajar dikelas, saya mengambil beberapa fhoto kegiatan belajar didalam kelas, teman teman boleh liat fhoto aktivitas belajar didalam kelas, dibawah ini :

       
Suasana belajar di IMBA NKFUST

Suasana belajar di IMBA NKFUST

Suasana belajar di IMBA NKFUST

Suasana belajar di IMBA NKFUST