Tingginya angka pengangguran terdidik belakangan ini menjadi isu hangat yang sering diperdebatkan. Mengapa tidak? Begitu banyak lulusan universitas negeri maupun swasta yang tidak terserap industri kerja.

Banyak perspektif yang muncul terkait fenomena ini, salah satunya adalah munculnya keraguan akan kualitas lulusan baik dari universitas negeri maupun swasta.. Keraguan ini bukan tidak beralasan, mengingat jumlah pengangguran terdidik yang tidak sedikit. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penganguran terdidik lulusan universitas pada 2013 sebanyak 434.185 meningkat menjadi 495.143 pada 2014. Bahkan, angka ini diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya lo guys.

 
Salah satu penyebab tingginya angka pengangguran terdidik adalah rendahnya kualitas lulusan beberapa universitas baik negeri maupun swasta. Oleh karena itu, kami menyusun beberapa aktivitas yang wajib kamu lakukan ketika masih kuliah, berikut penjelasannya secara rinci :

1. Jika anda lulusan Fakultas Ekonomi, ingat ‼‼ Anda harus memiliki nilai Ekonomis
Artinya, jika anda mahasiswa jurusan ekonomi, sejak kuliah anda harus mampu mengaplikasikan ilmu ekonomi yang anda pelajari. Sebagai contoh, anda harus sudah mulai menghasilkan uang sejak masih mahasiswa, jadi bukan hanya menghabiskan uang. Ini artinya, mahasiswa ekonomi harus memiliki nilai Ekonomis.

 
Sebagai contoh, anda bisa berjualan di kampus, atau ,menjadi guru les, intinya waktu adalah uang . dengan demikian, sedikit demi sedikit, teori ekonomi yang sudah kamu pelajari, memiliki manfaat untukmu pribadi. Jadi, jangan ngaku mahasiswa ekonomi, kalau ga bisa mengasilkan uang ketika kuliah.

Intinya, aturan ini berlaku untuk semua jurusan . jadi,dengan begini, kamu akan memiliki skill yang sesuai dengan jurusan yang kamu pelajari dikampus.

2. Jadi mahasiswa harus mampu berbicara dan menyampaikan Ide.
Tidak sedikit mahasiswa yang memiliki masalah dalam hal berkomunikasi. Rendahnya minat dalam berorganisasi ketika berkuliah, menyebabkan keahlian berbicara, berdebat dan menyampaikan pendapat dimuka umum menajdi hal yang sulit.

Nah, jadi ketika kuliah kamu harus mampu membagi waktu untuk berorganisasi ya guys, setidaknya bisa melatih kamu berkomunikasi dan sekaligus menambah relasi, yang selanjutnya bisa menjadi sumber informasi pekerjaan bagimu di masa depan.

 
3. Mahasiswa harus mampu berbahasa inggris dan menggunkan Komputer dengan aktif
Jika bahasa inggris masih menjadi bahasa yang menakutkan bagimu, segeralah tuntaskan ketakutanmu dengan mengambil privat bahasa inggris. Artinya, mampu berbahasa inggris adalah hal mutlak di era ini. Jika tidak, siap siap menjadi orang yang terisishkan dalam persaingan meraih pekerjaan.

Bahasa inggris juga adalah bahasa dasar pergaulan dunia saat ini, jadi mampu berbahasa inggris adalah harga mati yang harus dibayar.  Sama halnya dengan penggunaan computer, minimal kamu harus mampu mengoperasikan M.Word dan Excel dengan baik.

Ini artinya, ketika masih mahasiswa sisihkanlah waktumu untuk belajar bahasa inggris dan Komputer secara intens.

4. Belajarlah membangun komunikasi, baik didalam kampus maupun diluar kampus
Relasi atau channel adalah harta dimasa depan. Artinya, teman yang banyak ketika masih berkuliah, adalah investasi gemilang untuk masa depan. Semakin baik komunikasi yang dapat kamu lakukan, maka semakin banyak relasi yang berhasil kamu bangun, tapi ingat ya Bro, jangan sama lawan jenis saja pandai membangun komunikasi heheheheh.

5. Sudah bisalah, agak agak dilihat yang menarik hati ‼‼‼
Ingat ya guys, harus hati hati, jika mencari pujaan hati, jangan sampai main hati, nanti jadi ada yang sakit hati.... heheheheh #LEBAYYYYYY.

 
Setidaknya, mencari pelabuhan hati sudah bisa kamu jadikan salah satu kegiatan sampingan, dikala mengejar focus utama mengejar ilmu. Karena berdua jauh lebih baik daripada sendiri ehemmmmmm. Hehehehe

Tapi ingat, jangan sampai merusak salah satu pribadi, karena jika salah satu pribadi sudah rusak, berarti pribadi yang merusak juga ikut rusak. Artinya sama sama rusak loh Bro... eheheeh dengan saling memotivasi dalam membangun kualitas diri, tentu hasilnya akan lebih baik, dibanding memotivasi diri sendiri. Huacimmmmm, jangan terlalu serius deh.... heheheheh

Nah, itu dia kegiatan wajib yang kami rekomendasikan untuk teman teman mahasiswa/i lakukan. Ingat, tingginya angka pengangguran terdidik, bukan hanya menajdi tanggung jawab institusi pendidikan saja, namun juga tanggung para lulusan terkait. Jadi, benahi dirimu, lalu berjuanglah orang muda ‼‼‼!