Asia University, Taiwan
Pada 11 november kemarin, admin mendapat informasi dari Dr Mula Sigiro M.Si Ph.D (Direktur OIA Universitas HKBP Nommensen (UHN), bahwa 6 alumni UHN lulus program beasiswa S2 di Asia University Taiwan.
 
SELAMAT dan SUKSES kepada 6 (enam) Putra-Putri terbaik Sumatera Utara dari Universitas HKBP Nommensen (UHN) yang telah berhasil meraih beasiswa Master (S2) di Department of Foreign Languages and Literature Asia University Taiwan. Ke 6 alumni UHN tersebut dibimbing penuh oleh Office of International Affairs (OIA) UHN kurang lebih selama 2 bulan, mereka adalah:

1. Fitri Simamora (Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHN)
2. Rio Siallagan (Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHN)
3. Neng Ulie Goelthom (Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHN)
4. Desii Yorke (Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHN)
5. Desy Alicia (Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHN)
6. Nancy Marpaung II (Alumni Pendidikan Bahasa Inggris UHN)

 
Dr Mula Sigiro M.Si Ph.D  merangkum beberapa alasan, mengapa kuliah S2 di Taiwan sangat digemari saat ini. Berikut ulasan singkatnya :

1. 100% tenaga pengajar pada Program S2 Bahasa Inggris di Taiwan adalah Berkualifikasi Doktor (S3) yang berasal dari USA, Australia, United Kingdom dan berbagai negara yang "mother language"-nya ENGLISH

2. Di kelas Anda akan mengikuti perkuliahan yang Full English, penyelesaian tugas-tugas juga Full English (tidak ada penggunaan bahasa Indonesia)

3. Keluar dari Kelas, Anda akan dipaksa menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa Mandarin karena Anda akan berinteraksi dgn mahasiswa asing lainnya dan mahasiswa Lokal (Mereka tidak mengerti Bahasa Indonesia)

4. Pulang dari kampus dan sampai ke kosan/asrama, Anda dipaksa menggunakan Bahasa Inggris untuk berinteraksi dgn mahasiswa asing dan lokal

5. Belanja/Traveling, mengurus administrasi di kampus, dll, Anda dipaksa menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa Mandarin

6. Untuk melamar Beasiswa ini, Anda tidak perlu risau BILA kemampuan TOEFL Anda yang masih rendah, bila Anda sudah memiliki skor TOEFL ITP 400 maka peluang Anda untuk lulus adalah BESAR (namun, semakin tinggi skor TOEFL ITP anda, semakin ebsar peluang anda lulus diterima).

7. Bila selama 2 tahun Anda mengambil Master S2 di Taiwan dan anda benar benar belajar sungguh sungguh maka bisa dipastikan bahwa Kemampuan Berbahasa Inggris Anda akan meningkat tajam dan TOEFL Anda mungkin bisa mencapai skor 600, maka pada awal tahun ketiga (tepat selesai S2 di Taiwan) Anda langsung melamar Beasiswa BERGENGSI seperti LPDP, Fulbright, dll untuk melanjut S3 ke USA, Australia, Inggris dan negara lainnya, kemungkinan besar Anda pasti bisa meraih Beasiswa S3 tersebut berbekal pengalaman Anda studi S2 selama 2 tahun di Taiwan.

 
Menurut Dr Mula Sigiro M.Si Ph.D , JIKA ANDA BERGUMUL UNTUK STUDI LANJUT (Bukan Keharusan): MAKA Pastikan pada tahun ke-3 setelah Anda TAMAT S2, adalah melanjut Studi Doktoral (S3) ke Luar Negeri, bukan MELANJUT S2 hanya karena Anda harus menunggu 2 tahun di Indonesia untuk mempersiapkan TOEFL 500-an supaya bisa langsung S2 ke USA atau Australia. PERGILAH ke TAIWAN .... belajar dulu disana selama 2 Tahun sembari mempersiapkan kemampuan Bahasa Inggris, Anda dapat ijasah S2.

Dr Mula Sigiro M.Si Ph.D melanjutkan, bahwa Saat ini terdapat 5 mahasiswa UHN yang sedang mengikuti International Student Exchange Program selama 1 semester di Asia University, mereka adalah: Blandina Silalahi, Anfitri Kristin Adja, Selvina Ulita, Nanaa Ketaren, dan Anantri Sabrina Manik.



Akhir kata, admin mengucapkan selamat kepada putra/I sumatera utara yang mendapat kesempatan untuk melanjutkan study S2 di Asia University, manfaat kan peluang sebaik mungkin, jaga nama baik bangsa, dan yang paling penting Ingat kembali ke Indonesia untuk bersama membangun bangsa.

Salam Rindu, Kaohsiung 12 November 2016
Genesis Sembiring (Admin)