National Kaohsiung First University of Science and Technology (NKFUST) TAIWAN

Setiap hari selasa siang, saya mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kebersihan ruangan direktur IMBA NKFUST. Dengan tanggung jawab yang saya pegang ini, saya kemudian mendapat tambahan uang saku dari kampus, sebesar NTD 2000 (Lebih kurang Rp.800.000). Dengan begitu, setiap hari selasa siang, saya mendapat peluang untuk berdiskusi dengan Direktur IMBA NKFUST.

Salah satu informasi penting, yang sering beliau sampaikan adalah peluang Beasiswa S2 dan S3 di National Kaosiung First University of Science and Technology (NKFUST) terkhusus di jurusan International Master of Business Administration (IMBA).

Menurut pemaparan beliau, akhir akhir ini hampir semua universitas di Taiwan memberikan peluang beasiswa yang cukup besar ke Negara negera yang tergabung dalam ASEAN, seperti Indonesia, Vietnam, Laos, Malaysia, Kamboja, Fhilipina, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, dan Singapura.    

 
Tentu saja, saya langsung menanyakan mengapa Taiwan memberikan peluang beasiswa ke Negara Negara yang tergabung dalam ASEAN. Berikut jawaban singkat beliau yang admin rangkum kedalam beberapa point penting :

1. Alasan yang pertama adalah alasan kebutuhan akan tenaga kerja. Menurut pemaparan beliau, sebagian besar perusahaan besar di Taiwan, dalam waktu dekat akan membuka cabang di beberapa Negara di Asia, terkhusus di negara Negara yang tergabung dalam ASEAN. Tentu,dengan keadaan ini, Perusahan perusahaan ini akan membutuhkan putra putra daerah masing masing Negara yang punya latar belakang pendidikan yang baik, dan sudah diakui oleh dunia internasional, dalam hal ini lulusan Taiwan tentu lebih dipercaya. Salah satu kualifikasi penting yang harus dimiliki oleh calon tenaga kerja yang dibutuhkan adalah mampu berbahasa Inggris, Mandarin dan Indonesia dengan baik. Oleh karena itu, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Taiwan, adalah pilihan yang tepat.

 
2. Alasan yang kedua adalah alasan pengembangan research terutama di Asia Tenggara. Salah satu focus pendidikan pemerintah Taiwan adalah dalam hal pengembangan research/penelitian. Dengan banyaknya mahasiswa Indonesia yang melanjutkan study di Taiwan, tentu akan membuka peluang yang lebih besar bagi peneliti untuk menjalin komunikasi dengan peneliti yang ada di Indonesia. Hal ini tentu akan membuka jalan kerjasama di bidang penelitian kedepannya.

3. Alasan yang ketiga adalah besarnya dana pendidikan yang dikucurkan pemerintah Taiwan ke UniversitasUniversitas di Taiwan Cukup Besar. Dengan besarnya anggaran pendidikan yang diterima universitas universitas di Taiwan, memungkinkan mereka untuk memberikan Beasiswa bagi siapa saja yang memiliki kendala dalam hal keuangan. Tentu sebagian besar mahasiswa di Asia Tenggara (terutama Indonesia) adalah mahasiswa yang membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan study S2 atau S3.

4.  Alasan yang keempat adalah peluang untuk mejalin kerjasama terutama dengan Negara Negara di Asia Tenggara. Tentu dengan banyaknya mahasiswa Indonesia melanjutkan study di Taiwan, akan membuka peluang yang sangat besar dalam hal membangun kerjasama diberbagai bidang. Oleh sebab itu, pemerintah Taiwan, dan universitas universitas di Taiwan memberikan peluang beasiswa yang besar bagi siapa saja yang ingin melanjutkan study nya di Taiwan.

 
Dengan ke-4 alasan di atas, kiranya dapat memberikan informasi tambahan bagi teman teman yang sedang mencari informasi beasiswa di Taiwan. Dan harapan admin, kita dapat memanfaatkan peluang beasiswa ini, mengingat salah satu permasalahan pendidikan kita adalah masalah keuangan, maka beasiswa Taiwan adalah solusi bijak dan pantas untuk diperjuangkan.

Salam hangat orang Muda, .....

Kaohsiung, 21 November 2016
Genesis Sembiring
(Admin)