genesissembiring.com
Siang tadi, saya berdiskusi dengan seorang aktivis sosial dari Surabaya. Saya menyebutnya aktivis sosial, karena kepedulian dan kemurahan hatinya terhadap kaum marginal (Golongan kurang mampu) di Surabaya.

Menurut beliau, salah satu penyebab mengapa biaya pendidikan dan kesehatan di Indonesia sangat mahal adalah karena mahalnya biaya pendidikan yang ditempuh melalui jalur sekolah/Universitas.
Bahkan menurut beliau, biaya berobat di penang lebih murah dari biaya berobat di kota besar, seperti di Jakarta. Padahal, dari segi kualitas, belum tentu berobat di Jakarta lebih baik.

Diskusi ini , sekaligus mengingatkan saya kembali tentang betapa pentingnya biaya pendidikan yang murah. Dengan biaya pendidikan yang murah (misalnya biaya kuliah jurusan kedokteran yang murah) memungkinkan biaya berobat juga menjadi lebih murah. Sehingga dapat dijangkau semua kalangan masyarakat.

Artinya, biaya pendidikan memang memainkan fungsi yang sentral dalam roda perekonomian suatu bangsa.

Namun tidaklah perkara gampang menyediakan pendidikan yang murah, apalagi dengan keterbatasan APBN dan APBD. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kita mulai memikirkan sebuah solusi untuk harga pendidikan yang lebih murah, karena sejujurnya pendidikan murah yang berkualitas tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun tanggung jawab semua kalangan.

Beliau (aktivis dari Surabaya), sudah lebih dahulu memikirkan solusi ini dan saat ini sudah terlibat dan berkecimpung dalam perwujutan biaya pendidikan murah di Surabaya. Jika teman teman ingin mengenal beliau lebih lanjut, boleh hubungi saya, dan akan saya berikan kontaknya.

Salah satu solusi biaya pendidikan murah (bahkan gratis) yang sudah saya rasakan manfaatnya adalah melalui pemanfaatan beasiswa Taiwan. Bahkan tidak hanya biaya pendidikan gratis (gratis uang kuliah), saya juga mendapat bantuan uang saku dari salah Universitas di Taiwan. tentu ini sangat membantu saya, karena jika dilihat dari latar belakang keluarga, saya tidak mungkin sanggup mengecap pendidikan tinggi di luar negeri.

Oleh sebab itu, untuk menyebarluaskan peluang beasiswa Taiwan ini di Surabaya, Saya dan Beliau berinisiatif mengadakan sosialisasi Beasiswa Taiwan di Surabaya bulan depan. Semoga Tuhan Berkenan memberkati kegiatan ini dan bagi teman teman yang ingin bergabung dengan kita di Surabaya bulan depan, boleh kontak saya dan kita akan pergi bersama sama.

Teman teman, Kemiskinan bukan hambatan lagi, Kemauan, Kerja Keras, dan Berkat Tuhan adalah kuncinya. Buktinya apa? Saya lah bukti Hidup!!!!!!,..... heheheheh

Salam Hangat,
Jakarta Utara, 21 Nov 2017

Genesis Sembiring