Sumber Foto : Dian Manjo 
Beberapa hari yang lalu, saya mendapat pesan dari seorang gadis muda. Beliau adalah salah satu peserta sosialisasi beasiswa Taiwan yang kami lakukan beberapa bulan yang lalu.

Menurut pernyataannya, beliau sangat kesulitan untuk belajar bahasa Inggris dan sampai sekarang kemampuan bahasa inggrisnya masih sangat tidak memungkinkan untuk study di luar negeri. Oleh karena itu, dia ter-amat ragu untuk bisa study lanjut ke luar negeri.

Satu pertanyaan yang membekas di hati saya adalah :

Apakah mungkin saya study ke Taiwan tanpa bisa berbahasa inggris?

Lalu jawaban saya adalah :

MUNGKIN, TAPI KAMU HARUS BISA BERBAHASA MANDARIN!!!!!

Artinya, tidak mungkin adik adik belajar atau study menggunakan bahasa Indonesia di Taiwan. Adik adik harus punya kemampuan berbahasa Asing baik itu bhasa Inggris atau Mandarin!!!! Ini Harga Mutlak!!!!!! Tidak bisa ditawar!!!

Lalu artinya apa? Setiap orang yang punya mimpi, berani bermimpi, Harus juga berani BAYAR HARGA !!!!

BAYAR HARGA APA??? Harga yang harus dibayar adalah waktu, kerja keras, komitment, dan sikap pantang putus asa, bahkan terkadang adik adik juga harus mengeluarkan uang, seperti biaya test TOEFL atau biaya administrasi lainnya.

Jangan berharap dunia ini membantumu, kalau kamu sendiri malas untuk membantu dirimu 
sendiri !!!

Saya tekankan kembali, bayar dulu harganya (waktu, kerja keras, komitment, dan sikap pantang putus asa) lalu jika punya masalah dalam keuangan (setelah kamu berhasil diterima di salah satu Universitas di Taiwan), dunia bisa saja bahu membahu membantumu menggapai mimpimu !!!! Tapi ingat, BAYAR HARGA DULU !!!!!!!

Setiap pemimpi yang tidak siap membayar harga mimpinya, mimpinya itu hanya khayalan, akhirnya, MIMPI TINGGAL MIMPI!!!!

Saya percaya, banyak orang baik didunia ini yang siap membantu orang yang punya keterbatasan dalam hal keuangan, namun orang yang dibantu harusnya adalah orang yang pekerja Keras, petarung yang gigih membangun mimpinya !!!!! Begitulah Tuhan memberkati setiap umatnya yang percaya....
AMINNNNNNN

Sebagai informasi, Pendafataran Beasiswa Taiwan akan kembali dibuka pada bulan january tahun 2018, HAYOOOO lanjutkan belajar TOEFL nya !!!!!

HEHEHEHEH Selamat pagi dan selamat beraktifitas, Tuhan Yesus Memberkati....
Jakarta Utara, 16 November 2017

Genesis Sembiring