genesissembiring.com
Pagi ini, saya mendapat sebuah pesan line dari seorang wanita muda yang sedang mencari informasi untuk study lanjut ke Taiwan. Pertanyannya sederhana, tapi jawabannya sungguh sangat relative.
tapi sebelum saya menjabarkan lebih jauh tentang pertanyaanya, saya akan jelaskan secara singkat terlebih dahulu kondisi beasiswa Taiwan secara umum.

Secara umum, beasiswa Taiwan dapat kita bagi kedalam 2 bagian besar, yaitu beasiswa dari Pemerintah Taiwan dan Beasiswa dari Universitas di Taiwan. Secara umum, hampir semua Universitas di Taiwan menyediakan Beasiswa, sehingga peluang untuk lulus dan mendapat beasiswa dari Universitas Taiwan terbilang cukup besar, walaupun fasilitas beasiswa yang ditawarkan beragam.
Dilain sisi, Beasiswa dari pemerintah Taiwan memiliki kuota yang terbatas, dan juga sangat kompetitif. Meskipun sangat kompetitif, Beasiswa dari pemerintah Taiwan terbilang cukup besar, oleh sebab itu, menerima beasiswa langsung dari pemerintah Taiwan akan lebih nyaman dan uang saku bulanan yang disediakan juga lebih besar dibanding beasiswa dari Universitas Taiwan.   

Jadi, jika kita menerima Beasiswa dari Universitas Taiwan, kita harus siap menghadapi kondisi beasiswa di review  setiap semester. Ini artinya, Nilai semester adik adik nantinya akan menentukan adik adik berhak atau tidak mendapat beasiswa di semester selanjutnya.

Ngeri bukan?

Nah, disinilah letak pertanyaan yang saya terima . Beliau bertanya, jika Nilai semesternya turun dan tidak dapat beasiswa lagi, apakah mungkin bisa membayar uang kuliah sendiri dengan mengambil kerja sampingan sepulang kuliah?

Maka jawaban saya adalah MUNGKIN !!!!!!!

Saya mengenal seorang gadis Tionghoa asal Palembang, sedang study S1 (Sarjana) di NKFUST Taiwan. Menurut hasil diskusi saya dengan beliau, dia tidak menerima beasiswa dari Universitas, sehingga dia membiayai biaya kuliahnya sendiri.

Uniknya, untuk biaya kuliah dan biaya hidupnya dia tanggung sendiri, tanpa mengharapkan kiriman dari orang tua dari palembang. Setiap pulang kuliah, beliau mengerjakan pekerjaan sampingan sebagai pelayan restoran tidak jauh dari kampus kami.

Dia seorang gadis Tionghoa Muda, sedang study, tapi sangat mandiri membiayai hidupnya. Kalau adik adik ingin mengenalnya lebih jauh, silahkan hubungi abg, dan abg akan kirim link Facebooknya, dan adik adik boleh berdiskusi dengan dia.

Apa yang saya lihat dalam dirinya adalah suatu kemungkinan dan peluang. Dunia sudah terbuka, tidak peduli semiskin apapun anda, jika masih punya semangat, mimpi dan jiwa pekerja keras, kesempatan anda masih terbuka. Dunia ini sangat ramah kepada pekerja keras, tapi sangat kejam kepada Pemalas.

Dengan begitu, kembali lagi, Kemampuan berbahasa Inggris adik adik adalah syarat utama. Belajar lah terus, belajarlah dimana saja. dowload aplikasi latihan soal2 TOEFL di google playstore, dengarkan lagu2 berbahasa inggris, baca baca artikel bahasa inggris, latihan berbicara bahasa inggris, itulah semua yang bisa adik adik lakukan.

Kalau dunia saja membantu orang yang bekerja keras, apalagi TUHAN??!!   

Salam hangat,
Jakarta Barat, 3 November 2017

Genesis Sembiring