Chien Hsin University of Science and Technology
Beberapa hari yang lalu, saya berdiskusi ringan dengan salah satu admin Universitas Teknik di Taiwan. Uniknya, Universitas swasta yang terletak di kota Taoyuan ini tidak menawarkan jurusan yang menggunakan bahasa inggris dalam bahasa belajar dan mengajarnya. Semua jurusan masih menggunakan bahasa pengantar bahasa mandarin.

Chien Hsin University of Science and Technology, itulah nama kampusnya. Namun demikian, satu hal yang mengunggah semangat dan bahagia saya adalah, mereka begitu terbuka terhadap mahasiswa asing, terutama pelajar dari Indonesia.

Menurut hasil diskusi kemarin, beliau terlihat sangat antusias dalam menawarkan program beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Terlihat dari sikap universitas ini dalam mengantisipasi pelajar asing yang tidak bisa berbahasa mandarin.

Menurut penuturannya, ketika seorang mahasiswa Internasional diterima atau lulus seleksi di Chien Hsin University of Science and Technology, mereka akan dibekali kemampuan berbahasa mandarin dengan program mata kuliah bahsa mandarin. Ini artinya, meskipun adik adik belum bisa sama sekali berbahasa mandarin, adik adik tetap mendapatkan peluang study di Chien Hsin University of Science and Technology Taiwan, dengan syarat setidaknya adik adik bisa berbahasa inggris untuk berkomunikasi.

Jika adik adik ingin berdiskusi pribadi dengan Universitas ini, nanti boleh abang hubungkan dengan beliau, dengan catatan adik adik harus serius dan mampu berbahsa inggris.
Untuk lebih lengkapnya, adik adik boleh baca scren shot hasil diskusi kami dibawah ini.
Semoga bermanfaat ya adik adik.....

MUSUH PALING DOMINAN BUKAN LINGKUNGAN, BUKAN ORANG LAIN, JUGA BUKAN KEMISKINAN, TAPI DIRI SENDIRI !!!!!

Jakarta Barat, 6 november 2017

Genesis Sembiring