M Akbar
Pada hari rabu kemarin, saya meminta seorang teman untuk menuliskan biografinya. Beliau adalah salah satu contoh mahasiswa yang sangat inspiratif. Mengapa tidak? Dengan latar belakang keluarga yang sangat sederhana, beliau mampu menyeslesaikan kuliahnya dan bahkan sekarang sedang melanjutkan study S2 disalah satu Universitas terfavorit di Yogyakarta.

Berdasarkan dari  Biografi yang beliau tulis, beliau adalah adalah anak ke-8 dari 8 bersaudara. Pada usia 3 tahun, sang Ayah sudah menghadap kepada yang Maha Kuasa, ini artinya Perjalanan Beliau kala muda tidaklah semulus dan segampang perjalanan anak lain seusianya.

Pada tahun 2010, beliau melanjutkan studynya di Universitas Negeri Medan, jurusan Tata Boga. Disanalah awal pertama kami bertemu dan menjalin persahabatan.

Awal keberangkatan Beliau ke Medan untuk study S1, bukanlah semulus dan selancar anak anak lainnya. Bahkan ada tetangga yang mencibir nya dengan kata kata :

"tidak usah kamu bergaya orang yang punya duit untuk kuliah di Medan, sementara pekerjaan ibu mu tidak ada, harta kalian tidak ada, kebun dan sawah kalian tidak ada"

Kata kata itu tidak menjatuhkan mental dan semangatnya untuk melanjutkan study. Bahkan dengan modal Doa dan uang Rp.980.000 Beliau akhirnya memberanikan dirinya untuk berangkat Ke Medan.  Dengan keuangan yang sangat terbatas, Dia pun berjuang mengerjakan pekerjaan sampingan sambil kuliah.

Adik adik, selalu ada jalan selama ada kemauan dan kerja Keras. Dia bukan manusia super pintar dan jenius tapi kemaunnya mengalahkan segala macam kesulitan.

Tidak hanya berhenti sampai disana, setelah beliau menyelesaikan studinya pada January 2015, beliau kemudian melanjutkan studynya ke jenjang Master (S2) disalah satu Universitas bergengsi di Yogyakarta. Bahkan sampai saat ini, untuk membiayai kuliahnya, beliau masih mengerjakan pekerjaan sampingan sambil kuliah.  

Keren bukan? Dia manusia biasa, tapi apa yang dilakukanya sangat Luar Biasa. Saya yakin, untuk ukuran orang muda seusianya, dia sudah masuk dalam kategori berhasil dan sangat menginspirasi banyak pemuda lainnya. Adik adik, jika kalian ingin mengenal beliau lebih dekat, hubungi abg dan abg akan beri kontaknya.

Kesimpulannya apa? Miskin bukan lagi hambatan !!! Hambatan utama adalah diri sendiri !!!  Dia saja bisa, mengapa kita tidak? Ada banyak peluang diluar sana, ada banyak Beasiswa, peluang kerja sampingan, dan lain lain.

Dunia sudah sangat terbuka, informasi terbuka, peluang terbuka, sangat disayangkan kalau kita tidak mau berusaha sedikit saja mencari informasi.

Peluang beasiswa Taiwan juga sudah didepan mata, pendaftaran akan dibuka kembali pada january tahun depan, Ayoooo persiapkan dirimu lagi !!!!

Selamat pagi dan selamat beraktivitas,

Jakarta Utara, 23 Nov 2017

Genesis Sembiring