National Chiayi University, Taiwan

Penulis : Istiqomah hariyanto (Mahasiswi National Chiayi University)

Program beasiswa di negeri Formosa untuk pelajar International khususnya di Indonesia merupakan hal yang spesial. Taiwan sendiri memiliki program beasiswa khusus di negara berkembang Asia Tenggara khususnya Indonesia. Kesempatan ini merupakan hal yang bisa diupayakan untuk meraih beasiswa di luar negeri, apalagi kesempatannya terbuka lebar. National Chiayi University (NCYU) adalah universitas negeri yang berada di wilayah selatan Taiwan. Berdasarkan rangking, reputasi publikasi ilmiah dan akademik NCYU berada di peringkat 38 dari 157 universitas di Taiwan (Webometrics, 2018). Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan jika berkuliah di NCYU adalah kota chiayi yang memiliki biaya hidup relatif paling murah diseluruh Taiwan. NCYU memiliki 4 kampus yang berbeda lokasi yaitu Lantan Campus, Minxiong Campus, Xinmin Campus dan Jinde Campus.

Jika kalian adalah mahasiswa International, maka keunggulan lainnya ialah kalian dapat mempelajari Bahasa Mandarin setiap hari Jumat, dengan level yang terus meningkat setiap semester. Course Bahasa Mandarin wajib ditempuh bagi kalian mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, maka keuntungan ini bisa kalian dapatkan.
Untuk jenis beasiswa dari kampus NCYU ada empat kategori yaitu:
Category 1 (GPA 2.80~2.99): a waiver of half of the tuition fees.
Category 2 (GPA 3.00~3.19): a waiver of tuition fees.
Category 3 (GPA 3.20~3.39): a waiver of tuition and credit fees.
Category 4 (GPA above 3.40): a waiver of tuition, and credit fees, as well as a monthly scholarship.

Pembukaan beasiswa NCYU juga hanya terbatas 1 kali selama satu tahun. Tahun ini pendaftaran dari 1 Januari sampai 31 Maret 2018.
Persyaratan yang umum harus disiapkan adalah:
1.      Ijazah dan Transkip Nilai [Berbahasa Inggris]
2.      Financial Statement [Pengalaman saat ini bisa siapkan 10 juta direkening orang tua, ini hanya bukti bahwa kalian memiliki dana untuk bersekolah di Taiwan]
3.      Pasport
4.      Foto terbaru berwarna
5.      Surat pernyataan dan formulir kesediaan mendaftar di NCYU, bisa langsung download di website NCYU bagian International student admision.
6.      Sertifikat Kemampuan Bahasa
[TOCFL: A2; TOEFL ITP:500;]
7.      Surat Rekomendasi 2 buah [Format untuk ini bebas]
8.      Rencana Studi [Berisi mata kuliah yang ingin kalian tempuh dan alasan yang detail setelah kalian lulus dari kampus NCYU]
9.      Autobiografi [Tuliskan pengalaman dan kontribusi kalian selama menjadi mahasiswa, prestasi dan pengalaman ke-organisasian, sertakan juga pengalaman pengabdian masyarakat]
10.  CV* [Ini optional, tergantung kamu ingin melampirkannya sebagai syarat tambahan memperkuat rencana studi dan autobiografimu]

NCYU membuka Program Full English yang bisa kalian pilih:
1.      Teaching Profession  
2.      Tourism and Manajement
3.      Agricultural Science
4.      Life Science

Saya akan menjelaskan Departement Life Science yang saat ini saya tempuh di NCYU. Program ini merupakan program lintas jurusan yang membahas 5 bidang keilmuan tentang Food Science, Aquaculture Science, Biochemical, Biology Resources dan Microbiologi, Immunology and Bipharmaceutical. Secara garis besarnya, kalian akan secara umum di semester pertama akan mempelajari mengenai 5 bidang keilmuan tersebut dan memilih topic yang sesuai dengan minat kalian untuk rencana thesis, di semester selanjutkan kalian dapat memfokuskan bidang yang kalian minati misalnya ke ilmu pangan fungsional dan nutrisi, biofarmasi dan biomedicine, pengelolaan air dan sumberdaya ekosistem lingkungan berbasis global. Sehingga permasalahan yang diangkat oleh department ini lebih kepada isu global tentang 5 bidang ilmu yang saling berkaitan satu-sama lain.
Bagaimana seru kan???

Selain itu kegiatan di Department Life Science untuk siswa international adalah program Winter Camp dan Summer Camp setiap semester untuk program pertukaran budaya antar negara. Dana research dan thesis selama berkuliah di NCYU, khususnya bidang Science seluruh dana penelitian ditanggung oleh advisor yang akan kalian pilih berdasarkan bidang keilmuan yang kalian minati untuk dipelajari.

Informasi lebih lengkap silahkan buka: https://sites.google.com/view/internationalstudent-eng/homepage atau website http://www.ncyu.edu.tw/eng/ bagian International Student Admission.
Atau silahkan contact penulis: istihariyanto@gmail.com