Poppy Wulandari dinyatakan lulus program Beasiswa di National Dong Hwa University


Penulis : Poppy Wulandari (Mahasiswi National Dong Hwa University)


Sebulan lalu saya memposting Letter of Acceptance (LoA) National Taipei University (NTPU) di snapgram sebagai bentuk kegirangan atas kelulusan saya di NTPU. Tanpa disangka, sangat banyak yg menanyakan cara mendaftar kuliah dan beasiswa disana. Saya pun sempat memposting syarat administratifnya di snapgram, namun tidak begitu lengkap. Rasa syukur saya atas banyaknya respon positif teman2 yg juga ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Negeri Formosa akhirnya mengantarkan saya pada sebuah janji "nanti saya akan mempostingnya di blog".

Namun sebelumnya saya mohon maaf karena tidak mempostingnya di blog, saya akan menyampaikannya disini (ig/FB)

Alhamdulillah...

Saya mencoba 3 kampus negeri Taiwan dan lulus di ketiganya dengan beasiswa tipe A.

1. Global MBA in Finance, National Taipei University (NTPU)
2. International Business, National Dong Hwa University (NDHU)
3. International MBA, National Kaohsiung University of Science and Technology (NKFUST)

Saya ingin mengucapkan ribuan terimakasih terlebih dahulu untuk bang Mula Sigiro (dosen Universitas HKBP Nomensen) yg telah membantu saya mempersiapkan berkas dan memberi banyak bantuan serta masukan kepada saya. Untuk teman2 yg membutuhkan bimbingan beasiswa Taiwan, saya sangat menyarankan untuk mengontak beliau melalui fb Mula Sigiro.

Kenapa Taiwan?

1. Taiwan (Republic of China) menduduki posisi ke-4 negara dengan biaya kuliah termurah se-dunia setelah Italia, Spanyol, dan Yunani yg kemudian diikuti Jerman di posisi ke-5 (sumber: hotcouses.co.id)

2. Taiwan adalah negara paling ramah dgn mahasiswa International. Terbukti dengan adanya program/kelas International di semua universitas yg ada di Taiwan baik negeri maupun Swasta.

3. Beberapa kampus Taiwan menduduki jajaran top university Asia dan dunia salah satunya National Taiwan University.

4. Tawaran beasiswa Taiwan sangat besar dan peluangnya sayang untuk dilewatkan.

5. Tidak terlalu sulit mencoba beasiswa kampus Taiwan. Hanya seleksi berkas! Tidak ada seleksi tertulis. Dan peluang lulus minimal beasiswa partial (tipe B/C) sangat besar jika bersungguh2 mempersiapkan segala berkas pendaftaran beasiswa (saya siap membantu).

6. Terbuka bagi mahasiswa semester akhir (belum wisuda) namun harus memiliki surat keterangan sedang mengerjakan skripsi/akan diwisuda.

7. Banyaknya mahasiswa Indonesia khususnya Sumatera Utara yg berkuliah di Taiwan akan memudahkan kita apabila ada kendala dalam study.

Nah itu adalah alasan terkuat saya memilih Taiwan. Lalu, apa yg harus dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa kampus Taiwan?

1). Surat rekomendasi dari 2 org dosen/atasan kerja yg menyatakan ia mampu memberi rekomendasi yg relevan karena beliau mengenal anda misal sebagai mahasiswa bimbingannya atau anda adalah staff di perusahaannya, mengapa beliau sangat merekomendasikan Anda untuk berkuliah disana, apa prestasi Anda selama kuliah/kerja, dan harapan2 bahwa Anda berhak mendapat beasiswa. Di Indonesia sendiri, sangat jarang dosen/atasan kerja dengan sukarela membuat surat ini. Maka terkadang mahasiswa yg menyusun kalimat yg relevan dan sesuai dengan kenyataan, kemudian memberikannya kepada dosen/atasan kerja untuk dikoreksi terlebih dahulu sebelum menandatanganinya sebagai bentuk persetujuan atas isi rekomendasi tersebut. Tidak semua dosen/atasan kerja di Indonesia mampu berbahasa Inggris dengan benar. Maka, jika anda membuatnya sendiri, susunlah kalimat sebaik mungkin, minimalisir setiap kesalahan penulisan maupun arti, dan jangan buat layout surat yg sama antara pemberi rekomendasi yg satu dengan lainnya. Kesalahan penulisan akan sangat fatal dimata penyeleksi beasiswa terlebih jika yg menandatanganinya adalah seorang Profesor.

2). Rencana Belajar (Study Plan).
Bagi saya, ini butuh perhatian lebih (pokoknya harus lebih diperhatiin dibanding pacar yg lagi butuh perhatian dan kasih sayang). Selembar dua lembar coretan ttg rencana belajar menjadi pertimbangan mutlak ttg kelulusan atau tipe beasiswa yg akan Anda terima. Saya sudah membuktikannya 🙂 saat IPK dan skor TOEFL saya tidak lebih tinggi dari teman saya, namun saya malah mendapat beasiswa tipe A, sedangkan teman saya tipe B. Saya akui saat itu saya benar2 memberi perhatian lebih atas study plan saya. Butuh waktu hampir dua bulan hanya untuk merangkai kata dan benar2 meminimalisir kesalahan penulisan saya. Menurut saya, walaupun judulnya adalah rencana belajar, namun Anda jgn hanya fokus ke rencana belajar/perkuliahannya saja.

Di study plan, mulanya saya perkenalkan diri dan latar belakang keluarga serta study S1 saya, secara singkat saya sampaikan juga prestasi yg pernah saya raih, alasan memilih Taiwan, alasan memilih kampus dan jurusan tersebut (terlebih dahulu saya membaca sejarah kampus, visi, misi, dan kaitannya dgn jurusan/apa yg telah saya pelajari di S1), rencana jangka pendek saya :

1. Tahun pertama di awal perkuliahan saya akan mengikuti orientasi mahasiswa baru, mengontak pembimbing tesis, memilih course (lihat mata kuliah apa saja yg akan Anda pelajari nantinya), bergabung dgn Persatuan Pelajar Indonesia-Taiwan dan menjadi relawan dlm kegiatan sosial di dalam dan luar kampus, mengikuti workshop dan seminar untuk menambah pengetahuan, belajar Mandarin ketika libur semester, menjelajahi tempat wisata Taiwan untuk mengenal budaya dan mengasah kemampuan Mandarin, dan di tahun pertama saya akan menerbitkan karya tulis yg akan dipublikasikan di jurnal International atau sebagai mini riset dari tesis saya nantinya.

2. Tahun kedua perkuliahan saya akan fokus mengerjakan tesis saya dan mengikuti ujian mempertahankan tesis.
Setelah itu ungkapkan rencana jangka panjang setelah Anda lulus dari jurusan tersebut (S2), misalnya Anda akan melanjutkan pendidikan S3 atau membangun Indonesia dengan hal2 produktif, jangan lupa anda sampaikan juga bahwa Anda akan menjadi aset berharga atau kebanggan dari institusi mana anda belajar.
Sebelum menyusun study plan, saya sarankan untuk membaca minimal 10 study plan mahasiswa yg telah lulus di Taiwan/ kampus luar negeri lainnya. Saya mengoleksi setidaknya 20 study plan dari berbagai kampus luar negeri sebagai referensi ketika menyusun kalimat dan gaya berbahasa.

3). Autobiografi. Bagi saya, ini juga sakti. Autobiografi adalah lembaran yg menceritakan riwayat hidup yang Anda tulis sendiri. Dalam hal ini saya menuliskan latar belakang keluarga, sekolah (SD-kuliah), prestasi yg pernah saya raih. Tanpa ingin secara frontal menuliskan hal2 baik ttg diri sendiri, saya juga menuliskan ttg kegagalan kecil yg pernah saya hadapi dan cara saya membuatnya menjadi hal baik, misalnya walaupun selama SMA saya tidak mendapat posisi 3 besar, namun saya yakin bahwa kecerdasan bukan hanya tentang nilai diatas kertas, saya mencoba aktif di ekstrakulikuler (kegiatan luar sekolah) hingga akhirnya membawa saya pada prestasi non-akademis. Kemudian ceritakan juga secara singkat ttg cita2 anda dan harapan besar bisa mendapat beasiswa di kampus yg Anda tuju.

4). Financial Statement/Bank Reference adalah surat yg menyatakan posisi keuangan/kesanggupan berkuliah di Taiwan secara Financial. Namun surat ini tidak berpengaruh begitu besar. Saldo minimal di tabungan tergantung pihak kampus. Ada yg menyaratkan minimal 30jt, 50jt, hingga 70jt. Dan ini bukan jadi penentu kelulusan atau penentu tipe beasiswa yg akan Anda terima. Hampir setiap mahasiswa Sumatera Utara dibantu oleh bang Mula Sigiro dlm mengurus Financial Statement ini.

5). Ijazah dan transkrip nilai yg diterjemahkan ke dlm bahasa Inggris. Untuk teman2 yg IPK nya sangat rendah, jgn khawatir..perbaiki di study plan. Dan bagi teman2 yg kampusnya tidak menerbitkan versi terjemahan bahasa Inggris/tidak memiliki pusat bahasa sebagai jasa penerjemah dokumen, teman2 bisa dtg ke Pusat Bahasa UNIMED Lantai 2 untuk menerjemahkannya dgn biaya Rp. 250.000 (ijazah+transkrip). Bagi yg blm memiliki ijazah, ini bisa diganti dgn surat keterangan sedang mengerjakan skripsi/akan diwisuda.

6). Sertifikat TOEFL. Beberapa kampus Taiwan masih menerima TOEFL prediction, jadi bagi teman2 yg blm memiliki sertifikat TOEFL ITP/iBT masih bisa mendaftar dan berpeluang, saya saat mendaftar menggunakan sertifikat TOEFL prediction dgn skor 510. Bagi teman2 yg ingin belajar TOEFL saya sangat merekomendasikan kursus TOEFL Universitas HKBP Nomensen. Silahkan mendaftar di bagian Urusan International UHN. Atau bagi teman2 yg suka belajar sendiri, autodidak asal dengan keseriusan juga sangat baik. Skor minimal tiap kampus berbeda2 (pada umumnya minimal 500), namun kemarin teman saya yg memiliki skor TOEFL 450an berkesempatan mendapat beasiswa partial (tipe B ). Jadi jgn jadikan alasan untuk tidak mencoba ya..

7). Paspor/KTP. Alangkah lebih baik urus paspor terlebih dahulu sebagai dokumen resmi keimigrasian. Biaya paspor 355rb cukup dgn syarat KTP, KK, Akta kelahiran/Ijazah, dan mengisi form serta foto di kantor imigrasi.

8 ). Surat pernyataan kewarganegaraan yg biasanya ada di bagian belakang handbook/pedoman mendaftar kampus Taiwan yg isinya tentang pernyataan bahwa Anda bukan merupakan warga negara Taiwan/negara Tiongkok. Ini fungsinya sebagai pernyataan bahwa Anda adalah mahasiswa International (bukan mahasiswa lokal).

Nah setelah itu muncul pertanyaan bagaimana cara mendaftar kampus Taiwan?

1. Cari terlebih dahulu di kampus mana Anda ingin mendaftar, Anda bisa mencari nama2 kampus Taiwan di Wikipedia atau rankingnya di https://www.4icu.org/tw/ dengan kata kunci "Universitas di Taiwan"

2. Jika sudah menemukan beberapa kampus yg Anda inginkan, silahkan mengunduh panduan pendaftarannya di bagian Admission atau lihat saja di bagian beranda bawah. Biasanya ada tulisan Handbook fall semester 2018.

3. Pahami isi handbook dan lihat jurusan yg menyediakan program International/Bahasa pengantarnya bahasa Inggris, kemudian mulai persiapkan pemberkasannya, untuk selanjutnya saya bersedia membantu

Insya Allah saya akan berkuliah di Taiwan bulan depan (spring smester 2018), tepatnya akan berangkat dari Medan pada 24 februari. Dari ketiga kampus yg menerima saya, saya menjatuhkan pilihan pada National Dong Hwa University (NDHU).

Saat ini kampus2 Taiwan juga sedang membuka pendaftaran beasiswa untuk periode fall smester 2018 (masuk kuliah September 2018). Bagi yg ingin study lanjut, semoga ini bermanfaat

Poppy tunggu di negeri Formosa