Penulis:
Betty Bethnao Naibaho
Mahasiswa S3 National Taiwan Normal University

Penerima beasiswa MOE Pemerintah Taiwan


Menjawab pertanyaan2 yang masuk seputar pendaftaran beasiswa MOE. Saya akan membagikan pengalaman saya.

Jadi, waktu itu posisi saya sedang di Taiwan dan baru saja menyelesaikan S2. Saya extend ARC untuk tinggal 6 bulan setelah selesai S2 dengan pertimbangan, bisa kerja sampingan dan memastikan apakah barang2 selama S2 (yang banyak x itu😅) perlu ditinggal atau harus diangkut pulang, jadi nunggu pengumuman hasil pendaftaran beasiswa.

Sebelumnya saya sudah menyiapkan sertifikat TOEFL (saya test nya di Medan). Saya juga minta keluarga di Medan untuk nelpon langsung ke TETO untuk memastikan persyaratan2 yang harus dilengkapi walaupun udah cari2 info dari berbagai sumber. Berhubung ijazah dan transkrip nilai saya dikeluarkan oleh institusi Taiwan, saya gak perlu leges ke notaris dan TETO, sperti teman2 yang lain yang ijazah dan transkripnya dikeluarkan oleh institusi di luar Taiwan.

Perlu dicatat, sebelum mengirimkan berkas ke kantor TETO di JAKARTA, kita harus terlebih dahulu sudah mendaftar ke kampus tujuan kita. Hal ini harus dibuktikan dengan kwitansi pembayaran uang pendaftaran (kalau daftarnya bayar, ada sebagian kampus yang gratis uang pendaftaran) dan/atau formulir pendaftaran. Jadi, sebelum ngirim berkas ke TETO, berkas2 ke kampus tujuan harus sudah selesai terlebih dahulu.

Persyaratan berkas, seperti yang dicantumkan di blog studiintaiwan, harus dilengkapi. Jangan lupa, transkrip nilai memang penting, tapi jangan lupa mempercantik ataupun memoles STUDY PLAN Anda!!! Menurut saya, study plan memiliki faktor yang sangat penting dalam penilaian berkas.
Setelah berkas2 lengkap, SAYA MENGIRIMKAN BERKAS DARI TAIPEI KE KANTOR TETO JAKARTA menggunakan F*d*x yang mehong itu 😉 waktu itu lebih 900 NTD. Sebenarnya bisa sih pake EMS post, tapi waktu itu pertimbangan waktu dari Taipei ke Jakarta jadi aku milihnya F*d*x.
Setelah itu, aku bikin jam doa tiap jam 11 tiap malam sampe bikin alarm pengingat jam doa. Artinya, selain berusaha semaksimal mungkin, doa semaksimal mungkin juga diperlukan🙂

Oh iya, barusan cek blog studiintaiwan, katanya pendaftar sekarang harus isi form online serta melampirkan dokumen yang diperlukan.
SEMANGAT!!